Menjelajahi Bukit Holbung: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

Wisata814 Views

Bukit Holbung: Pesona Alam di Sumatera Utara

bimbel.painews.com Bukit Holbung, terletak di Desa Holbung, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan Danau Toba yang memukau. Setiap harinya, puluhan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, menjadikan kawasan ini sebagai tempat tujuan wisata mereka. Bahkan, pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, Bukit Holbung kerap dipadati pengunjung yang ingin menikmati panorama spektakuler ini.

Pesona Alam di Bukit Holbung

Bukit Holbung juga dikenal dengan sebutan “Bukit Teletubbies” oleh masyarakat setempat. Nama tersebut merujuk pada kemiripan pemandangan dan ukuran bukit ini dengan lokasi yang terkenal dalam film Teletubbies. Dari puncak Bukit Holbung, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Danau Toba dari ketinggian, memerhatikan nelayan yang mencari ikan di danau, serta menikmati pemandangan Gunung Pusuk Buhit, sebuah gunung api yang menjadi salah satu ikon Sumatera Utara.

Bukit Holbung memiliki pemandangan alam yang indah, dihiasi kehidupan masyarakat setempat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, di dekatnya terdapat Air Terjun Turbo atau Sampuran Bolon yang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Holbung dalam waktu sekitar 50 menit. Oleh karena itu, Bukit Holbung terkenal sebagai destinasi trekking yang menarik.

Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Bukit Holbung

Untuk menikmati keindahan Bukit Holbung, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi mereka yang membawa kendaraan, akan ada biaya parkir tambahan sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Bagi yang berangkat dari Kota Medan, perjalanan menuju Bukit Holbung akan melalui Jalan Jamin Ginting, melewati jalur Tanah Karo, Merek, dan Sidikalang. Waktu tempuh biasanya berkisar antara 6 hingga 7 jam. Alternatif lain adalah melalui rute yang melewati Tol Medan-Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat, Merek, dan Sidikalang, yang memakan waktu sekitar 8 jam dengan jarak tempuh sekitar 341 km. Pengunjung yang berada di pusat Kota Pangururan Samosir dapat mencapai Bukit Holbung dalam waktu kurang dari 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 22,2 km.

Bukit Holbung menawarkan pengalaman wisata alam yang memikat, menjadi pilihan ideal untuk mereka yang mencari keindahan alam dan ketenangan di tengah keindahan Danau Toba. Jadi, jika Anda merencanakan perjalanan wisata ke Sumatera Utara, jangan lupakan untuk mencantumkan Bukit Holbung dalam daftar destinasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *